Depok, 1 Juni 2017. Tema Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 adalah “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan di halaman Kantor Imigrasi Kelas II Depok, dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Depok Bapak Dadan Gunawan selaku inspektur upacara dan dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dan pegawai.

Dalam sejarahnya, pada 1 Juni 1945, Ir Sukarno membacakan pidato dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).  Pidato itu menguraikan pikiran-pikiran tentang lima hal yang diusulkan menjadi dasar negara. Lima hal itu disebut Pancasila.

Untuk memeriahkan Hari Pancasila 2017, Presiden Joko widodo mengadakan ‘Pekan Pancasila’  yang akan diselenggarakan mulai tanggal 29 Mei hingga 4 Juni 2017. Adapun tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 adalah “Saya Indonesia, Saya Pancasila”

Dalam Pekan Pancasila ini, pemerintah akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengkampanyekan program tersebut. Kerja sama tersebut antara lain berupa penayangan iklan layanan masyarakat di stasiun-stasiun televisi dan bioskop, program talkshow dan musik di berbagai stasiun radio, penerbitan dan pendistribusian buku, serta program lainnya

tujuan penyelenggaraan ‘Pekan Pancasila’ ini adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila. Sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.