imigrasu-hut
Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas II Depok tampak berbeda pada hari Kamis (27/04/2017). Sebab tampak semua petugas pelayanan tidak mengenakan baju seragam seperti biasa, melainkan mengenakan baju adat. Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Depok, Dadan Gunawan mengatakan, pemakaian baju adat dilakukan untuk ikut memeriahkan hari jadi Kota Depok ke-18.

“Karena kami adalah bagian dari warga Depok, tentu Imigrasi juga ikut berpartisipasi memeriahkan perayaan HUT Kota Depok. Karena itu, saya mengimbau seluruh petugas pelayanan untuk mengenakan baju adat daerah,” katanya kepada depok.go.id saat ditemui di Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok, Kamis (27/04/2017).

Menurutnya, dengan mengenakan baju adat, maka bertujuan untuk menjunjung kearifan lokal. Imbauan mengenakan baju adat tersebut juga tidak terbatas pada baju adat Betawi.

“Beragam baju adat dari daerah mana saja boleh seluruh Indonesia, karena temanya adalah kebinekaan yang menunjukkan adanya persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

Dikatakannya, dengan usia yang baru 18 tahun, sangat luar biasa Kota Depok bisa meraih beragam penghargaan. Selain itu, kesinergisan antara pemerintah dan pihak imigrasi terjalin dengan baik.

“Sesuai dengan tugas dan fungsi Imigrasi untuk melayani masyarakat, tentu perlu kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kota. Misalnya pengelolaan warga negara asing melalui tim pengawasan orang asing, kemudian sinergitas bersama dinas-dinas dari pemerintah,” terangnya.

Dadan menuturkan, dari tahun ke tahun, pihaknya tentu ingin selalu memberikan kontribusi yang terbaik untuk Kota Depok. Dalam peningkatan pelayanan, Kantor Imigrasi Kelas II Depok menekankan konsep perlindungan bagi masyarakat. Selain itu, Imigrasi juga memastikan keberadaan warga negara asing yang ada di Depok bukan menjadi ancaman melainkan memberikan manfaat untuk pembangunan Kota Depok.

“Hanya orang-orang asing yang memiliki kontribusi dan manfaat positif bagi pembangunan Kota Depok. Misalnya bermanfaat dari segmen industri ataupun pendidikan,” jelasnya.

Dadan berharap, dalam peringatan HUT Kota Depok ini, pemerintah semakin bersinergis dengan Kantor Imigrasi Kelas II Depok terkait dengan pelayanan dan penegakan hukum. Khususnya Imigrasi dan pemerintah memiliki kesamaan terkait pelayanan yang bersentuhan dengan teknologi informasi atau tagline Depok yaitu Depok Cyber City.

“Diharapkan semakin sinergis terutama dalam pelaksanaan e-goverment yang bisa mempermudah pelayanan untuk warga Depok,” pungkasnya.

(sumber : depok.go.id)

Diskominfo