IMIGRASI DEPOK TANGKAP 2 WNA ASAL PALESTINA DAN SURIAH

Pada hari jumat tanggal 27 November 2020, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok berkoordinasi dengan Polres Depok, terkait informasi dari masyarakat tentang adanya aktivitas warga negara asing yang meminta-minta di lingkungan masjid Adz Dzkri Pesona Kahyangan, kelurahan Mekarjaya, kecamatan Sukmajaya, Depok.

Dua warga negara asing tersebut berjenis kelamin laki-laki dan masing-masing berinisial MFGM usia 28 tahun warga negara Palestina dan MBM usia 42 tahun warga negara Suriah, saat ditanya oleh petugas imigrasi tentang izin tinggal yang mereka miliki, keduanya menyatakan bahwa mereka merupakan pemegang kartu UNHCR dengan status sebagai Pengungsi.

Kedua warga negara asing ini melakukan kegiatan meminta-minta dengan dalih sumbangan untuk anak yatim di Palestina. Namun setelah dilakuakan pemeriksaan serta pengumpulan bahan keterangan, yang bersangkutan mengaku bahwa hasil sumbangan yang terkumpul dari kegiatan meminta-minta digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi kedua warga negara asing tersebut.

Pengakuan dari kedua warga negara asing yang berdomisili di Pondok Gede, Bekasi ini, kegiatan minta-minta oleh keduanya merupakan kali pertama dilakukan di Kota Depok setelah sebelumnya beberapa kali dilakukan di Jakarta Dan Bekasi.
Keduanya mengaku kegiatan minta-minta dilakukan setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu, dan setiap kegiatan dapat mengumpulkan setidaknya Rp. 500,000 (lima ratus ribu rupiah).